Ingin naskahmu diterbitkan menjadi buku di UGM Press?

I

Berapa banyak buku yang  sudah kita baca?

Puluhan?

Ratusan ?

Intinya, kita menikmati karya orang lain. Nah, bagaimana jika sesekali kita menjadi penulis buku?

Tentu masih terbuka peluang untuk menjadi penulis buku. Bagaimana caranya?  Kita bisa memproduksi buku dan mempromosikan sendiri buku kita, atau kita bisa mengirimkan ke penerbit.

Salah satu cara membuat naskah kita menjadi buku adalah dengan mengirimkan naskah kita ke penerbit. Untuk lebih membuka kesempatan naskah kita diterima oleh penerbit yakni perlunya diketahui kriteria-kriteria yang dimiliki masing-masing penerbit.

Berikut, adalah kriteria umum naskah yang berlaku di UGM Press, sebuah penerbitan yang telah dikenal bukan saja di Jogja melainkan di berbagai daerah di Indonesia.

(Sumber : Panduan Menerbitkan buku di UGM Press)

JENIS-JENIS NASKAH SESUAI TEMA

Berikut jenis-jenis naskah yang diterima di UGM Press.

1.             Naskah Sains dan Teknologi

Naskah sains dan teknologi mencakup beberapa bidang keilmuan, seperti teknik dengan berbagai subbidang, teknologi informasi, geografi, biologi, matematika, dan ilmu alam dengan berbagai cabang ilmunya.

2.             Naskah Sosial dan Humaniora

Naskah sosial berhubungan dengan bidang ilmu yang menyangkut kehidupan masyarakat, seperti sosiologi, komunikasi, politik, hukum, ekonomi, dan psikologi. Sementara itu, naskah humaniora berhubungan dengan bidang ilmu yang menyangkut ciptaan manusia dan hal-hal yang diperhatikannya, seperti antropologi, arkeologi, bahasa, sastra, filsafat, seni, dan sejarah.

3.             Naskah Kesehatan dan Kedokteran

Naskah kesehatan dan kedokteran mencakup beberapa bidang ilmu, yakni kedokteran, kedokteran gigi, dan farmasi.

4.             Naskah Agro dan Fauna

Naskah agro dan fauna berhubungan dengan bidang ilmu yang menyangkut proses dan hasil pertanian serta hewan, seperti pertanian, teknologi pertanian, kehutanan, peternakan, dan kedokteran hewan.

Alur Penerbitan Naskah di UGM Press

a.  Tahap I: Review Naskah

1.             Penyerahan Naskah

Calon penulis menyerahkan draf naskah bukunya ke UGM Press dalam bentuk hardcopy maupun softcopy. Kemudian, UGM Press akan memberikan tanda terima sebagai bukti penerimaan naskah.

2.             Desk Screening

Staf editorial akan memeriksa naskah untuk menentukan apakah naskah tersebut dapat diteruskan ke reviewer untuk proses review isi (konten). Pemeriksaan awal meliputi pemenuhan syarat utama ketika menyerahkan naskah, yaitu jumlah halaman, syarat teknis penulisan naskah, sistematika naskah, juga kelengkapan naskah.

3.            Review Ahli

Staf editorial akan menunjuk seorang reviewer ahli yang memiliki kompetensi sama dengan objek kajian naskah. Staf editorial menghubungi reviewer tersebut, meminta kesediaannya untuk me-review. Jika sang reviewer bersedia, maka bagian editorial akan membuatkan surat pengantar permohonan review, dan mengantarkannya beserta naskahnya ke reviewer.

Adapun waktu untuk me-review adalah 1 bulan. Namun, dalam beberapa kasus, dikarenakan reviewer yang juga memiliki kesibukan, maka terkadang reviewer membutuhkan waktu sampai 2 bulan.

4.             Keputusan

Setelah proses review selesai, maka bagian editorial akan memutuskan apakah naskah tersebut dapat diterima untuk kemudian langsung diterbitkan oleh UGM Press, diterbitkan dengan revisi, atau ditolak. Keputusan diambil berdasarkan catatan dan masukan reviewer, juga dengan mempertimbangkan pendapat dari bagian pemasaran mengenai prospek pemasaran naskah tersebut.

Tentu saja masih ada syarat-syarat teknis yang diberlakukan oleh UGM Press. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan kontak  Khusus Penerbitan Naskah : (+62) 822 2550 6115 (mobile/WA),  Email : gmupress@ugm.ac.id

Iklan

One Comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s