Mau Punya Usaha Pertanian Di Kota? Bisa

 

Bila kita tinggal diperkotaan, terlebih perkotaan yang memang memiliki akititas ekonomi yang tinggi, akan mudah melihat kondisi seperti padatnya kendaraan bermotor yang sering membuat   kita mencium asap kendaraan, sempitnya gang masuk ke suatu kampung, antar rumah saling merapat bahkan hanya berbatas tembok, aktifitas ekonomi yang bisa berlaku 24 jam seakan tanpa jeda, dll.  Bahkan, bagi para pekerja, hari libur selalu terasa kurang agar mendapatkan emosi dan tubuh yang segar. Lalu, apa ada suatu tawaran yang bagus bagi kita dengan kondisi tadi?

Ada. Konsep Urban Farming menawarkan kepedulian kita tentang  perawatan lingkungan, lahan pertanian produktif yang dikawatirkan semakin tergerus alih fungsi lahan menjadi perumahan sehingga mengancam

uf

ketahanan pangan kita, dan tumbuhnya profesi pertanian di tengah ataupun pinggiran perkotaan.  Khsususnya tentang profesi petani kota, profesi ini mulai bertumbuh dibeberapa kota  dan secara nilai ekonomi sangat menjanjjikan untuk meraih keuntungan.

Urban Farming tidak merujuk kepada aktifitas bercocok tanam saja, melainkan juga beternak dan memelihara ikan. Secara singkatnya, kita bisa memanfaatkan lahan sesempit apapun untuk membuat lingkungan yang lebih segar dan indah serta menghasilkan secara ekonomi.

Perbicanangan tentang urban farming sebenarnya sudah banyak. Bisa kita simak di blog, Koran, televisi, atau bahkan melalui medsos. Informasi seperti ini cukup banyak namun tidak tertata secara sistematis. Buku ini hadir salah satunya untuk memberi informasi yang sistematis tentang konsep urban farming mulai dari pengertian, masalah pengembangannya hingga kepada  bentuk-bentuk budidaya yang bisa dikerjakan,.Walau belumlah detil mengenai contoh  budidaya nya, buku ini tetap menginspirasi siapapun yang peduli kepada lingkungan dan ingin menjadi petani di kota.

 

Judul Buku          : Urban Farming: Gaya Bertani Spesifik Kota

Penulis                 : Nugraheni Widyawati

Penerbit              :Lily Publisher

Percetakan         : Andi Offset

Halaman              : xviii + 258

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s