Diposkan pada literasi

Apa Pentingnya membuat catatan saat membaca sebuah buku?

Saat sebuah buku sedang dibaca, maka pembaca sebenarnya sedang bertemu dengan hal menarik dan mungkin baru. Ada baiknya, kita segera membuat catatan atas temuan itu.Beberapa manfaat bisa didapat dari catatan itu, diantaranya :

1.Temuan ini bisa berwujud pertanyaan, ide , atau bentuk lainnya. Temuan ini tidak mesti tulisan yang menyetujui pendapat apa yang tersampaikan pada buku, namun bisa pula mempertanyakannya. Apapun itu, kita sebenarnya sedang berusaha memahami  pemikiran penulis dan  membangun persepsi kita sendiri.

2. Bila suatu saat kita  ingin membaca buku itu lagi namun terbatas waktu, catatan yang kita buat sedikit banyak membantu kita untuk  mendapatkan informasi yang kita butuhkan lebih cepat.

3. Khususnya bagi pembaca yang menyukai aktifitas menulis, kebiasaan mencatat seperti ini membantu memunculkan inspirasi tulisan baru.

Iklan

Penulis:

resensibukupilihan.com menginformasikan pendapat pembaca tentang buku yang mereka baca. Selain itu, resensibukupilihan.com menampilkan tulisan tentang event /kegiatan yang berhubungan dengan dunia perbukuan. Kedepannya, resensibukupilihan.com berencana memperluas informasi dengan menampilkan tokoh-tokoh yang berhubungan dengan dunia perbukuan sebagai salah satu bentuk aktifitas literasi. Jika ingin kegiatan Anda (personal) atau perusahaan (penerbitan ) ingin dibagi dengan resensibukupilihan.com, silakan kontak kami melalui email widyaharyopranasmoro@gmail.com, atau kunjungi kami di instagram @resensibukupilihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s