Anak Terlambat Bicara Jangan Diratapi, Melainkan Dampingi

foto-buku-resensi

Proses perkembangan anak tentunya mendapat perhatian orang tua, mulai dari lahir hingga ke usia tertentu. Orang tua dalam kesehariannya mengamati secara langsung peningkatan apa saja yang dimiliki buah hatinya mulai dari fisik dan non fisik. Bagi beberapa orang tua, mereka menyadari bahwa anak mereka ternyata memiliki kondisi perkembangan yang berbeda dibanding dengan anak lainnya. Salah satu contohnya adalah keterlambatan bicara pada anak. Bagi beberapa orang tua kondisi ini memberikan rasa stress yang melemahkan. Biasanya hal ini diperparah oleh stigma yang diberikan oleh lingkungan sosial mengenai kondisi anak terlambat bicara.Sebaliknya,bagi orang tua yang tangguh, mereka akan segera mencari informasi tentang kondisi anaknya melalui dokter anak, psikolog anak, diskusi  dengan orang tua lain yang memiliki masalah yang sama. Harapannya, mereka dapat memiliki informasi yang bisa mendukung perkembangan anak.

Buku yang ditulis oleh Julia Maria van Tiee ini berangkat dari kisah nyata perjuangannya memberikan  perhatian anaknya yang berkebutuhan khusus. Ia memahami benar bahwa kondisi keterlambatan bicara pada  anak menjadi momok bagi para orang tua. Terlebih, karena banyaknya publikasi tentang autisme yang memasukkan keterlambatan bicara pada anak sebagai salah satu gejalanya.

pendidikan-anakku-terlambat-bicara

Perjuangan Julia Maria van Tiee tidaklah mulus. Ia mendapatkan kenyataan bahwa hal keterlambatan bicara pada anak belum mendapat pemahaman yang seragam dari pemerintah, praktisi kesehatan yang  berkaitan dengan anak berkebutuhan khusus dan para orang tua yang memiliki anak terlambat bicara. Dalam kondisi seperti inilah, buku ini memberikan sebuah informasi berharga  yakni bagaimana kita memiliki pengertian tentang keterlambatan bicara pada anak dan bagaimana kita bersikap mendampingi pendidikan mereka.

Buku ini sebenarnya adalah buku lanjutan dari buku Anakku Terlambat Bicara (Prenada Media,2007). Banyak informasi yang ditulis berdasar pengalaman pribadi dan literatur ilmiah sehingga informasi yang ada di buku ini akan sangat membantu para orang tua dalam mendampingi buah hati yang terlambat bicara.

 

Judul                                    : Pendidikan Anakku Terlambat Bicara

Penulis                                : Julia Maria van Tiee

Penerbit                              : Prenadamedia Group

Halaman                             : xiv + 488

Iklan

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s