Bagaimana Membuat Ide, Kampanye,Produk Kita Menjadi “Getok Tular”?

contagious4

Sadar atau tidak sadar, dalam perbincangan kita dengan orang lain baik itu di rumah ( keluarga), tempat kerja, kampus dll, kita menyebut sebuah merek dagang, atau cerita tentang postingan online  yang sedang populer,diskon sebuah produk, ataupun keluhan dari sebuah layanan jasa.Hal-hal ini disebut sebagai konten. Cara berbincang kita bisa melalui bertatap muka,  lewat grup seperti  WhatsApp, ataupun media sosial seperti Facebook,twitter dll. Faktanya, perbicangan konten tersebut  bukan hanya kita. Namun orang lain diluar kitapun juga berbincang kepada orang lain lagi tentang konten yang bisa sama ataupun berbeda. Artinya, dalam satu hari perbicangan sebuah  konten ini  terjadi bekali-kali dan bersambung dikemudian hari oleh orang-orang yang bisa berbeda . Nah perbincangan konten  inilah yang disebut c o n t a g i o u s atau dalam masyarakat kita biasa disebut getok tular.

countagius1

Menariknya adalah,tema konten  perbicangan ini ada yang menjadi viral atau terus diperbincangkan namun ada pula yang tidak terdengar lagi. Disinilah Jonah Berger menjelaskan bahwa ada rahasia yang menjadikan sebuh tema, cerita, peristiwa ataupun merek dagang menjadi populer ataupun tidak.  Bagi Berger, terdapat 6 prinsip penularan  bagaimana sebuah cerita, kabar dan informasi beredar di masyarakat.  Jika sebuah konten memiliki 6 prinsip ini yakni :Mata Uang Sosial, Pemicu,Emosi, Umum, Nilai Praktis dan  Cerita, maka kemungkinan besar akan terjadi getok tular.

JIka Anda adalah seorang pemilik atau manajer sebuah perusahaan baik skala kecil maupun besar, seorang penulis yang ingin tulisannya tenar, seorang politisi yang membutuhkan suara dari para pemilih, seorang aktiivis yang sedang mengkampanyekan sesuatu, ataupun seorang penulis iklan yang menginginkan iklannya menjadi perbincangan, maka buku ini adalah referensi yang bagus.

 

Judul                    : Contagious

                               Rahasia Di Balik Produk Dan Gagasan Populer

Penulis                 : Jonah Berger

Penerbit              : PT Gramedia Pustaka Utama

Halaman             : IX + 297

Iklan

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s