instagram : @aseptibr

Maulitina Asepti Budi Rahayu : “ Enam Prinsip Ini Akan Membantu Sebuah Informasi Menjadi Viral..”

instagram : @aseptibr
@aseptibr

Chip Heath and Dan Heat telah menuliskan sebuah buku yang menjadi best seller yakni Match to Stick. Mereka mengangkat sebuah penemuan yang berasal dari berbagai penelitian mereka tentang bagaimana membuat gagasan itu melekat di benak orang. Tidak lama, Jonah  Berger mempertajam apa yang telah menjadi temuan Chip Heat dan Dan Heat. “Sebuah informasi yang melekat namun tidak menjadi getok tular atau mewabah (Contagious), tidak akan menjadi informasi yang kuat”, kata Maulitia Asepti Budi Rahayu, lulusan Jurusan Komunikasi sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta ini.

Bagi perempuan berbintang virgo ini, informasi yang kuat akan mampu membuat orang berbincang dan menyebarkan ke orang lainnya baik melalui perbincangan online maupun offlline. Dari penelitian yang dilakukan oleh  Jonah Berger ada kabar baik  bagi semua pihak mulai dari poitisi, penulis naskah, komendian, pebisnis bahwa untuk menjadikan informasi yang mereka sampaikan menjadi mewabah atau viral, itu bisa d i c i p t a k a n .

Jonah Berger dalam bukunya berjudul Contagious merekomendasikan 6 prinsip yakni Mata Uang Sosial, Pemicu,Emosi, Umum, Nilai Praktis dan  Cerita . Dengan bersandar pada 6 prinsip ini, informasi yang disampaikan kemungkinan besar akan mewabah atau viral.

Untuk menyampaikan tentang 6 prinsip ini Jonah Berger mempermudah pembaca buku untuk memahaminya dengan cara menyediakan banyak cerita yang memang telah ditelitinya. “ Saya menyukai cerita dari sebuah perusahaan Blendtec yang memilliki strategi kreatif membuat produk mereka diperbincangkan,” kata Septi.

Singkatnya, manajer pemasaran Bendtec  George Wright berpikir keras bagaimana kehebatan blender produk mereka akan viral. Suatu saat, ia bereksperimen memasukkan kelereng dan bola golf dan lidi ke dalam blender. Kelereng adalah barang pertama yang ia uji coba. Bersama Tom Dickson, pimpinan Blendtec, mereka memasukkan kelereng ke dalam blender, mengaktifkan blender, menunggu beberapa saat setelah blender di non aktifkan, dan menemukan kenyataan bahwa kelereng mereka telah berubah menjadi serbuk.

IMG-20180131-WA0004

“Sebuah informasi yang melekat namun tidak menjadi getok tular atau mewabah (Contagious), tidak akan menjadi informasi yang kuat”.(Septi, 2018)

Noviantika Widyayanti :”Membuat Gagasan Kita Melekat Lebih Penting Dari …..”

Rasa takjub Tom dan George pasca membuka tutup blender  adalah sama dengan jutaan para penonton video uji coba itu di Youtube yang diberi judul Will It Blend?. Takjub.

Kehebatan Blendtec menjadi pembicaraan. Banyak pemirsa yang ikut berpikir bagaimana kalau selain kelereng dan  bola golf yang dimasukkan ke dalam blender itu. Tentu saja ini adalah partisipasi yang bagus bagi pengembangan brand awareness Bendtec dan pada akhirnya mendongkrak penjualan Bendtec. Ini salah satu cerita sukses yang hanya bermodal tak lebih dari 50 dollar.

Septi mengakui bahwa ia menyukai buku yang isinya berdasar dari riset. Baginya, informasi yang ditampilkan akan valid. Ia meyakini bahwa isi buku ini akan membantu siapa saja yang ingin informasinya menjadi viral. “ Siapapun. Politisi hingga pebisnis. Mereka pasti membutuhkan informasi seperti yang Jonah Berger tulis ,” katanya yakin.

“ Oh ya, satu lagi keunggulan buku ini. Terjemahannya juga bagus!”, katanya sambil tertawa.

Judul                    : Contagious

                               Rahasia Di Balik Produk Dan Gagasan Populer

Penulis                 : Jonah Berger

Penerbit              : PT Gramedia Pustaka Utama

Halaman             : IX + 297

 

Iklan

16 Comments

  1. Pipit Tita Adhitya

    “Sebuah informasi yang melekat namun tidak menjadi getok tular atau mewabah (Countagious), tidak akan menjadi informasi yang kuat”, setujuuu apa lg di era netizen seperti ini

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s