Diposkan pada Tak Berkategori

RR Pratiwi Silawati :” ..kalangan atas yang mau berbaur dengan kalangan orang bawah..,”

@rrpratiwisilawati

Buku ini terasa berbeda dari yang pernah ia baca. Bahkan bisa dibilang, ini termasuk buku lawas namun sudah beberapa kali dicetak ulang. Tidak ada romansa percintaan ataupun petengkaran dua insan.  Ternyata, buku yang berjudul Totto-chan’s Children. A goodwill Journey to the Children of the World ini malah menampilkan catatan perjalanan penulisnya di tahun 1984-1997 ke berbagai negara yang dilanda krisis kemanusiaan seperti kelaparan, kemiskinan dan gizi buruk. “ Membaca buku ini membuatku sedih,” kata RR Pratiwi Silawati yang sering dipanggil Tiwi.

Penulis buku ini,  Tetsuko Kuroyanagi, seorang aktris terkenal Jepang  di masa itu, yang mendapat kepercayaan UNICEF untuk mengemban salah satu misi lembaga dunia tersebut. Ia berkeliling ke banyak negara seperti Angola, Vietnam, Bangladesh, Tanzania dll. Negara-negara yang ia kunjungi umumnya memiliki masalah kemanusiaan.

Di negara-negara itu, Tetsuko Kuroyanagi berjumpa dengan banyak anak. Ia terjun langsung bersua dengan mereka. Tetsuko menemukan kondisi anak-anak  tersebut sebagai pihak yang sungguh menderita. Jangankan menatap masa depan, untuk memikirkan hari esok saja terasa berat.” Foto-foto di buku ini  menujukkan kesedihan itu,” kata Tiwi.

Benar apa yang disampaikan Tiwi. Foto-foto di dalam buku ini benar-benar menyentuh. Kesengsaraan itu begitu terasa mulai dari anak yang kehilangan tangannya akibat dipotong tentara gerilya, anak kecil yang mengasuh anak yang lebih kecil, hingga serombongan anak yang minum air sungai karena ketiadaan lagi air besih.

photo by rrpratiwisilawati

Tetsuko Kuroyanagi menuliskan pengalamannya berkeliling dunia bertemu dengan banyak anak di dunia ini, tentunya punya maksud. Ia menggugah nurani siapapun atas kejadian yang mungkin tidak terjadi di sekeliling kita namun membutuhkan kepedulian orang lain. Ia telah membuktikannya. Ia berasal dari kalangan atas yang mau berbaur dengan orang kalangan bawah yang menderita

“ Saya cek di internet, beberapa negara yang disebut di buku ini sudah mulai mengalami perbaikan.Saya bersyukur, “ ungkap Tiwi.  Setelah membaca buku ini, ia berharap bila mengetahui kondisi seperti di buku itu, ia harus bisa berbuat sesuatu walaupun kecil dibanding ia hanya mengucap kata ikut prihatin semata.

Judul Buku :
Totto-chan’s Children. A goodwill Journey to the Children of the World . Penulis : Tetsuko Kuroyanagi Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Iklan

Penulis:

resensibukupilihan.com menginformasikan pendapat pembaca tentang buku yang mereka baca. Selain itu, resensibukupilihan.com menampilkan tulisan tentang event /kegiatan yang berhubungan dengan dunia perbukuan. Kedepannya, resensibukupilihan.com berencana memperluas informasi dengan menampilkan tokoh-tokoh yang berhubungan dengan dunia perbukuan sebagai salah satu bentuk aktifitas literasi. Jika ingin kegiatan Anda (personal) atau perusahaan (penerbitan ) ingin dibagi dengan resensibukupilihan.com, silakan kontak kami melalui email widyaharyopranasmoro@gmail.com, atau kunjungi kami di instagram @resensibukupilihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s