Gagasan Yang Hidup adalah Gagasan Yang Melekat

20161210_170328

Saya sesekali masih membuka sebuah video ini di youtube yang diunggah oleh Andrea Gardner  berjudul The Power of Words (https://www.youtube.com/watch?v=Hzgzim5m7oU). Sumbangan yang diberikan kepada seorang pengemis tua tiba-tiba menjadi banyak dari para pejalan kaki yang melintas didepannya. Ini terjadi setelah seorang perempuan cantik lewat didepannya. Ia melewati pengemis, kemudian berbalik kembali mendekati pengemis itu. Ia tidak memberikan koin, melainkan mengambil kardus  yang tertulis sebuah tulisan yakni I’m blind please help. Perempuan itu membalikkan sisi tulisan tadi, dan menulis  sesuatu k a t a   m a g i s  : It’s a beautiful day and I cant’s see it. Gagasan ini terwujud pada kata-kata yang berhasil  merubah mindset  orang yang membaca dan menghasilkan tindakan mereka memberikan koin.

Setiap hari mungkin kita mendapatkan gagasan untuk keperluan studi atau perkerjaan ataupun hobi. Kemudian kita sampaikan kepada orang lain. Ada yang tertarik, ada yang ,menganggap biasa malah acuh  tak acuh. Hal ini biasa terjadi.  Bahkan bila kita telah secara tekun mengulang-ulang  gagasan tersebut, dan ternyata tidak mendapatkan respon yang  diinginkan, mungkin kita akan merasa jenuh ,stress, dan bingung  mengapa gagasan kita tidak menarik dan mati.

Disinilah salah satu sumbangan Chip Heat & Dan Heath melalui buku ini. Mereka telah meneliti banyak sekali gagasan  melalui serangkaian eksperimen . Dari eksperimen-eksperimen ini , mereka menemukan prinsip  dari gagasan yang melekat.

Prinsip gagasan yang melekat inilah yang bisa menjawab mengapa sebuah gagasan baik belum tentu diterima, sedang gagasan buruk malah mendapat tempat dalam perbincangan publik. Atau,  mengapa sebuah kabar burung begitu cepat menyebar dan  hingga kini masih diperbicangkan, contoh seperti  Tembok Besar China adalah benda buatan manusia yang dapat dilihat dari  luar angkasa. (Padahal  tidaklah demikian. Tembok  Besar China itu memang sangat panjang tapi tidak terlalu lebar. Jika Tembok Besar ini terlihat ,maka jalan tol antar Negara bagian  (Amerika) akan terlihat juga, dan kemungkinan juga beberapa took Wal-Mart/halaman 14). Masih banyak kabar burung disekitar kita yang bisa dipelajari lebih mendalam mengapa kabar tersebut  tetap bertahan sampai sekarang.

Heat Bersaudara ini tidak saja menuliskan penjelasan tentang kelekatan , melainkan menuntun kita membuat sebuah  gagasan yang melekat. Prinsip kelekatan ini pula yang bisa membantu kita mempersiapkan sebuah presentasi  gagasan yang tidak bertele-tele namun mampu merubah cara pandang yang mendengarkan. Apapun profesi kita, buku ini akan membantu dalam pola komunikasi kita.

 

Judul Buku          : Made To Stick : Strategi Agar Gagasan Kita Melekat di Benak Orang Lain

Penulis                 : Chip Heat & Dan Heat

Penerbit              : PT Gramedia Pustaka Utama

Halaman              : ix + 417

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s