Dian Husna : “Yakin Punya Good Strategy…..?””

 

compress
photo by @dwianggisiregar

Salah satu perusahaan jasa seni grafis menuliskan rangkaian kalimat  yang dilabeli “Strategi Utama Kami” :

STRATEGI UTAMA KAMI
Kami akan menjadi perusahaan jasa seni grafis pilihan
Kami akan memuaskan konsumen dengan solusi unik dan kreatif untuk masalah mereka
Kami akan menambah omset setidaknya 20% setiap tahun
Kami akan menjaga margin keuntungan setidaknya 20%
Kami akan memiliki komitmen.Sasaran perusahaan adalah komitmen yang kami jaga bersama
Kami akan memelihara lingkungan kerja yang jujur dan terbuka
Kami akan bekerja untuk mendukung masyarakat  (halaman 51-52)

 

“Pada awalnya, saya menganggap tulisan tersebut menggambarkan tentang strategi. Namun setelah membaca buku ini, saya tidak berpikir seperti itu lagi. Saya pikir itu adalah ambisi” kata Dian Husna sambil membuka-buka halaman buku yang berjudul Good Strategy/Bad Strategy.

Menurut perempuan manis berjilbab ini, strategi bukanlah kumpulan dari visi dan misi, jargon motivasi atau keinginan besar yang dikeluarkan oleh sebuah lembaga baik politik, sosial ataupun bisnis. Strategi merupakan respon terhadap sebuah masalah dengan cara menghitung secara teliti bagaimana sebuah lembaga tadi mencapai tujuannya.

Ratih : “Crowdsourcing itu harus smart..”

Saat ditanya tentang isi buku ini, Dian Husna mengatakan bahwa buku ini mengupas tentang Good Strategy dan Bad Strategy. Richard P Rumelt penulis buku ini, menurutnya, telah mengidentifikasi tentang unsur –unsur yang masuk kedalam Good Strategy yakni diagnosis, kebijakan penuntun dan tindakan koheren.

dian husna
Good Strategy Bad Strategy

Rumelt pun mengemukakan bahwa Bad Strategy bisa tumbuh dari kesalahpahaman yang spesifik dan kepemimpinan yang tidak berfungsi. Rumelt mengumpulkan banyak kasus dan kemudian mengidentifikasi tanda-tanda Bad Strategy yakni omong kosong, kegagalan untuk menghadapi tantangan, salah mengartikan tujuan, dan sasaran strategis yang buruk. Kegagalan mengidentifikasi strategi yang buruk, akan menuntun kepada kegagalan pencapaian target ataupun perbaikan kondisi .

“Inilah peran buku ini bagi banyak profesi mulai dari birokrat, militer, pebisnis maupun ilmuwan. Bukan saja menginformasikan bagaimana kita mengidentifikasi Bad Strategy, namun juga memberi tuntunan bagaimana membuat Good Strategy. Ditambah karena buku ini  memuat  banyak kasus  mulai dari yang termasuk Good Strategy maupun Bad Strategy sehingga memperkaya pemahaman,” kata perempuan berzodiak sagittarius ini.

Processed with VSCO with hb1 preset
@dionhusno

 

Judul Buku                  : Good Strategy Bad Strategy
                                         Strategi Baik dan Buruk dalam Bisnis
Penulis                         : Richard P Rumelt
Penerbit                      : Kepustakaan Populer Gramedia
Halaman                     : XVI + 343
Cetakan                       : Desember 2017

 

 

 

10 Comments

Tinggalkan komentar