Nurmalita Rosiana Fatharani : “Traveling dan Foto itu….Wajib banget!”

 

Perempuan yang akrab dipanggil Rani ini memang senang traveling khususnya ke tempat-tempat yang nuansa alamnya kuat seperti pantai, pegunungan dll . Baginya , saat berada di tempat itu ia berasa lepas  sejenak dari banyak masalah. “ Bukan menolak menghadapi masalah lho…hanya  ingin rileks. I feel free!” katanya.

Rani merasa alam bisa memberikan  kekuatan. Saat menemui suasana pegunungan, Rani suka  desiran angin, kicauan burung, keheningan  dan kesegaran udaranya. Sedang saat di pantai, ia menyukai bau khas pantai, pasir, dan sunset. “ Kangen kalau sudah lama tidak merasakannya..”, sahutnya.

Terlalu sayang jika keindahan alam begitu saja dinikmati. “ Aku ingin menjadi bagian yang indah,” tuturnya.

Emm maksudnya?

“Ya main foto disitulah. Terus masukin IG,”

Owww

Memang benar saat disimak, IG nya yakni @rosianarani ,foto-fotonya sebagian bertema alam. “ Traveling dan foto itu..wajib banget!”

rani three

Saat tidak memiliki kesempatan traveling, Rani biasanya searching tentang wisata alam di medsos atau lihat-lihat buku bertema alam seperti yang ia pegang sekarang. Buku yang berjudul Kepundan Kasih Menyadap Ilham Dari Alam  ini  cukup unik karena memadukan antara foto dan puisi.  Tentang foto-foto di buku ini karya   Harno Depe, seorang profesor pada Departemen Kimia  Fakultas MIPA   UGM Yogyakarta.  Setiap foto  di buku itu, seolah bisa hidup dan bercerita.

“Foto dan puisi yang berdampingan di buku ini tampaknya memang saling terkait. IMG-20181015-WA0003Namun kita bisa menikmatinya sesuai dengan selera kita. Seperti ini…”, kata Rani sambil menunjukkan salah satu halaman yang menggambarkan suasana sunset  (halaman 136). “ Ini foto favoritku. Suasana sunset sepertinya mengingatkan kita bahwa  ada waktunya  dalam hidup  untuk beristirahat. Besok dengan tenaga baru, bisa berkarya lagi.” lanjutnya.

Tentang Puisi, Rani menunjuk sebuah halaman yang tertulis puisi berjudul Indah yang  Tak Kekal (halaman 16). Pusi ini karya Novi Indrastuti, seorang doktor di Fakultas Ilmu Budaya UGM. Isi puisi  tersebut mengajak kita mengingat bahwa  fisik di dunia ini memang tidak ada kekal.  Menurut Rani, kita harus memanfaatkan benar selagi kita masih kuat untuk berkarya yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

Ellisabeth Devi Renayan: ”  ..Itu Romantis…”

Rani setuju jika ada yang berpendapat  bahwa  banyak inspirasi di halaman-halaman lainnya. Melalui karya foto oleh  Harno Depe dan  puisi oleh Novi Indrastuti  memberi  warna yang berbeda dalam dunia literasi.” Saya sudah habis membaca buku ini dan saya suka,” katanya sambil tersenyum.

Judul buku :

Kepundan Kasih Menyadap Ilham Dari Alam

Fotografer :

Harno DepeIMG_20181013_162142.jpg

Penyair :

Novi Indrastuti

Penerbit

Gadjah Mada University Press

Halaman:

172

Cetakan Pertama:

Juli 2018

 

Iklan

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s