Ratih : “Crowdsourcing itu harus smart..”

20170206_170226Pada zaman ini, istilah crowdsourcing sudah dikenal dimana-mana. Kata itu adalah istilah bagi tenaga lepas harian (freelancer) yang tersebar di seluruh dunia.  Mereka harus cermat,dan smart membantu keberhasilan sebuah proyek yang ditawarkan kepada mereka, dan uniknya, orang atau perusahaan yang memiliki proyek ini belum tentu pernah bertatap muka dengan para freelancer ini. Semuanya ini bisa terjadi  karena teknologi online sudah bisa memfasilitasi hal tersebut.

“ Crowdsourcing itu harus smart, karena biasanya proyek yang mereka bantu adalah proyek yang penting,” kata Diatri Nariratih yang  sehari-hari menangani proyek-proyek berbasis online di sebuah media cetak ini. Saat membuka-buka buku berjudul “Jadi Freelancer Kaya” di sebuah tempat yang biasa ia datangi ini, Ratih-nama panggilannya- mulai menikmati rentetan kata yang mengundang perhatiannya, yakni halaman isi. Baginya, buku ini berbobot. Tulisan yang ada di buku karangan Daniel G Pratidya ini bisa menjadi sebuah handbook atau pedoman bagi siapa saja yang akan memulai profesi sebagai freelancer online.

Disini, Daniel G Praditya menuliskan pentingnya mengetahui motivasi diri dan kebutuhan persiapan diri bila siap terjun ke dunia ini. Daniel juga menuliskan informasi penting bagaimana menyusun sebuah proposal agar memuluskan jalan mendapatkan order.

20170206_1701521“Ini informasi bagus,tentang tips membuat perhitungan harga penawaran dan waktu kerja,” kata Ratih sambil menunjuk halaman 129. Dihalaman seterusnya, Daniel menuliskan tentang tips penting lainnya. Diantaranya adalah cara mempertahankan pelanggan alias pihak pemberi order. Para freelancer juga harus tahu bagaimana hendaknya bersikap agar hubungan dengan pelanggan dapat terjaga dan menimbulkan order selanjutnya.

Saat ditanya apa dia akan menjadi seorang freelancer, perempuan yang pernah belajar tari jawa ini tersenyum dan menjawab diplomatis,” Bila membaca buku ini maka untuk menjadi seorang freelancer  profesional perlu persiapan ketrampilan dan mental. Saya perlu persiapan untuk itu. Ini pekerjaan menarik”.

20170207_094531

 Judul Buku                         : Jadi Freelancer Kaya            

Penulis                                 : Daniel G Pratidya

Penerbit                              : Visimedia

Halaman                              : xviii + 206

Iklan

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s