Linda Lasito : “ Imajinasi Saya Mudah Mengalir Mengikuti Alur Cerita Ini….,”

2016_0820_15582900

“ Saat membaca judul buku ini, saya menduga isi buku ini tentang perjuangan seorang wanita menjadi cantik. Perjuangan ini berat dan menyakitkan,” ungkap Linda lasito saat ditanyai tentang kesannya sewaktu membaca buku ini. Ternyata bukan.

Buku ini berisi cerita novel. Dengan tokoh awalnya  yakni Dewi Ayu, cerita berlatar sejarah masa penjajahan mengalir  hingga halaman terakhir  (479). Dewi Ayu dikisahkan sebagai sosok yang cantik. Ia anak dari seorang ayah berkebangsan Belanda dan Ibu dari lokal. Banyak lelaki yang tergoda dan memiliki hasrat kepadanya.Ketika Jepang masuk menjajah, kehidupannya tidak berubah. Ia bahkan terseok masuk kedalam rumah prostitusi yang bernama Mama Kalong.  Bahkan Dewi Ayu menjadi pelacur yang paling mahal disitu.

Lambat laun, ia melahirkan anak-anak   perempuan yang ia tidak tahu siapa ayah biologis mereka. Hingga suatu saat ia merasa bahwa kecantikan para putrinya itu bisa mendatangkan nasib tidak baik bagi mereka, maka ia memiliki doa agar anak keempatnya itu jelek.

20170331_124406

“ Buku ini sebenarnya membahas tentang perempuan, seksinya “kecantikan” bagi pria dan wanita, terkungkungnya perempuan  dalam sebuah waktu sejarah serta konflik didalamnya,” kata Linda yang berprofesi sebagai penyanyi. Ada benarnya juga pendapat pecinta musik all around ini. Bila membaca halaman demi halaman, Eka Kurniawan menuliskan begitu hidup lika liku kehidupan Dewi Ayu dan anak-anaknya, serta orang-orang yang tersangkut dengan kehidupan mereka. Bahasa percakapannya pun terasa lugas dan membumi. “ Imajinasi saya mudah mengalir mengikuti alur cerita ini. Seperti nonton film. Jadi seperti bisa melihat langsung suasana, pakaian para pemain, bahkan mimik muka pemainnya,” ugkap Linda.

Baginya, buku ini bagus dan  menjadi salah satu buku favoritnya. Tentu saja. Buku ini dicetak pertama sejak tahun 2004 dan telah menginjak cetakan ke sebelas (2016). Buku ini juga telah dialihbahasakan ke berbagai bahasa lainnya. Artinya, telah ada pengakuan tentang “hebatnya” buku ini.

Saat ditanya tentang kesannya pada keseluruhan isi buku ini, Linda mengatakan bahwa ia malah mendapat inspirasi mencipta lagu berdasar kisah buku ini.owwww…(*)

Judul Buku                          : Cantik Itu Luka

Penulis                                 : Eka Kurniawan

20170331_123013

Jumlah Halaman               : 479

Penerbit                              : PT Gramedia Pustaka Utama

Iklan

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s