Kisah Cinta Yang Tidak Bertele Tele ala Boy Chandra

Cinta kadang ditemukan secara sederhana. Namun kadang pula disampaikan dengan cara yang rumit. Ini yang menjadi salah satu kesan bagi buku ini tulisan dari Boy Chandra yang berjudul Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang. Dan, memang benar pendek-pendek tulisan per judulnya disini.  Catatan ini bukanlah dimaksudkan membahas cinta secara teori filsafat, namun berwujud kisah-kisah sepenggal. Paling banyak  4 paragraf. Sepertinya  penulis memang tidak mau berpanjang-panjang membahas cinta karena baginya , cinta tidak perlu bertele-tele.

Pada isi setiap judulnya tidak terkesan penulisan yang membuai  melalui kata-kata indah bak menulis puisi. Namun terbungkus dalam sebuah kisah. Dan kisah yang tersaji  bukanlah kisah yang selalu bahagia.  Jatuh cinta, ditolak, hubungan tidak jelas, patah hati adalah tema-tema yang diangkat. Boy Chandra berusaha membumikan kisah-kisah itu yang memang mudah dipahami oleh para pembaca khususnya yang telah atau sedang melewati masa-masa itu.

Mencermati setiap judulnya, pembaca kiranya mudah menerka isi tulisannya. Ini mempermudah pembaca  bahwa mereka tidak  diharuskan menghabiskan isi setiap judul.  Lebih bermanfaat jika para pembaca  mendahulukan judul yang membuat mereka tertarik.

Resensi Buku Pilihan (RBP) setidaknya  memilih dua  judul pada buku ini yang  menarik.  Pada judul  Jangan  Menghilang  telah membuat RBP teringat akan istilah anak muda sekarang yakni Ghosting. Istilah ini menggambarkan suatu kondisi menghilangnya seseorang baik secara langsung atau media sosial dan telepon yang selama ini telah terjalin kedekatan. Tidak ada kontak lagi. Tidak tahu kabar.

Boy Chandra telah mengurai pada judul ini dengan apik. Menurut RBP, tulisannya bisa mewakili pembaca yang sedang atau pernah mengalami suasana Ghosting.  Suasana ini sungguh tidak membuat enak hati.

Canggung. Ini adalah judul berikutnya. Boy Chandra menuturkan perjumpaan lagi dua orang yang pernah saling menyayangi. Dalam pertemuan itu, bukan nostaligia  indah yang dipilih menjadi tema pembicaraan. Ini sepertinya menyiratkan sesuatu yang masih mengganjal dalam hati dua orang itu. Kisah seperti ini pun adalah kisah yang mudah ditemui melalui cerita-cerita teman dan sahabat. Maka , pembaca yang sedang mengalaminya bisa merasa memiliki wakil melalui kisah ini walau tentunya dengan variasi yang agak berbeda.

Ingin merasa terwakili atau sedang mencari referensi sebagai teman yang mengerti jiwa terimbas cinta? Ada baiknya , buku ini menjadi alternatif bacaan. Tidak ada jaminan pembaca akan merasa bahagia setelah membaca buku ini. Setidaknya, sebentar saja mengenang sesuatu yang mirip kisahnya dengan buku ini.

Judul Buku          : Catatan Pendek untuk Cinta yang Panjang

Penulis                 : Boy Chandra

Penerbit              : Mediakita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s