Dian Husna : Layak Menjadi Referensi Para Ahli Teater..

dian V
@dionhusna

Teater bukan tontonan baru baginya.  Walau tidak terbilang rutin, gadis manis ini mengaku terhibur. “ Biasanya nonton di kampus sewaktu masih  kuliah,” cerita  Dian . Pada saat menonton, Dian sering berpikir bagaimana mereka membuat naskah dan memerankannya apalagi jika yang dipentaskan bukan naskah yang konteksnya Indonesia melainkan luar negeri.  “ Sepertinya sutradara dan pemain teater melakukan studi atas naskah itu,” ungkapnya.

Saat ini disela waktunya, Dian sedang membaca sebuah buku  tentang Sosiologi Teater tulisan Nur Sahid yang memang dikenal memiliki concern tentang dunia teater. Nur Sahid menuliskan pemikirannya tentang sumbangan yakni  Sosiologi Teater : Teori dan Penerapannya kepada dunia pengkajian seni.  Sosiologi Teater  masih dianggap sebagai sebuah  disiplin dari sosiologi yang baru. Untuk itu, sumbangan buku ini penting menjadi referensi bagi pengembangan ilmu teater, sosiologi seni , dan dunia seni pertunjukkan.

Linda Lasito : “ Imajinasi Saya Mudah Mengalir Mengikuti Alur Cerita Ini….,”

Buku ini sepertinya ingin mengingatkan bahwa berbicara tentang teater tidak hanya berbicara tentang proses kreatif keaktoran, penyutradaraan, artistik dll. Nur Sahid mengemukakan bahwa ada aspek lain seperti  sosio kultural yang bisa diperbincangkan karena memang  teater terkait dengannya.

“ Terlebih sebagai bangsa Indonesia, sosio kultural  yang dimiliki sebenarnya adalah daya tarik. Perlu kajian bagaimana mengangkat keunikan Indonesia menjadi  sebuah persembahan teater bagi penyadaran masyarakat,” kata Dian sambil membuka-buka buku ini.  Menurut Dian, buku ini memang layak menjadi referensi bagi  para ahli teater, pengkaji dan pemerhati dunia teater, namun masih diperlukan referensi lanjutan agar menjadi  alat kaji yang lebih matang.

dian husna VII

Judul Buku                                           : Sosiologi Teater : Teori dan Penerapannya

Penulis                                                 : Nur Sahid

Penerbit                                              : Gigih Pustaka Mandiri

Halaman                                               : viii+194

Cetakan pertama                             : Maret  2017

 

 

 

Iklan

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s