“Manifesto” Berbenah ala Gemar Rapi

Kurang lebih 2-3 tahun terakhir ini, tema tentang kerapian, kebersihan, dan penataan menjadi salah satu tema yang populer di kalangan penikmat buku. Termasuk blog ini juga pernah menghadirkan 2 jenis buku dengan tema serupa. Hanya kali ini, pada buku berjudul Gemar Rapi Metode Berbenahnya Indonesia memang memiliki keunikan tersendiri.

Buku setebal 186 ini, terhitung runtut dalam menginformasikan tentang nilai-nilai Gemar Rapi. Sepertinya, buku ini malah tampak sebagai “manifesto” budaya kerapian  yang diyakini sesuai dengan budaya Indonesia. 

Buku ini ditulis bukan oleh satu orang, melainkan lima penulis.  Mereka menceritakan pengalaman-pengalamannya  hingga terpanggil menjadi pribadi yang gemar rapi. Bukan hal yang terjadi  tiba-tiba pada mereka. Proses demi proses mereka jalani  hingga menyadari bahwa gemar rapi bukan sekedar sebuah tujuan  agar ruangan tampak rapi, tapi mereka menemukan nilai-nilai  sebagai alasan mengapa harus rapi.

Untuk menuju ke arah gaya hidup yang rapi, perlulah dimulai dari perubahan mindset masing-masing pribadi. Tanpa perubahan ini, tujuan rapi ujung-ujungnya  hanyalah akan menjadi sebuah kegiatan bahkan tidak berdampak besar kepada diri sendiri dan lingkungan sosial.

Bibiana Pritarini, salah seorang pembaca buku ini memiliki pendapatnya sendiri. Baginya, kerapian itu lebih kepada tanggungjawab pribadi kita kepada diri sendiri dan lingkungan. Hal ini menunjukkan bahwa  tanggung jawab pribadi itu adalah buah dari mindset yang dimiliki oleh pribadi yang bersangkutan .

Sebagai seorang mahasiswi tingkat akhir ,gadis penyuka film drama ini bercerita bahwa jenis  barang yang paling ia rapikan adalah buku buku dan kertas serta pakaiannya. Kegiatan ini memberikan energi positif bagi dirinya. “ Jika sudah berbenah untuk rapi, saya merasa lebih nyaman dan terasa sehat. Karena saya lebih suka dirumah jadi lebih nyaman kalau bersih dan rapi,” katanya .

Bibi adalah salah satu contoh pribadi yang suka dengan kerapian. Namun, bisa ditelusuri berdasar apa yang tertulis di buku ini, maka apa yang ia lakukan masih belum berada di jalan yang lurus. Orang yang menyukai kerapian dan rutin berbenah  mungkin saja masih mengalami beberapa masalah seperti  penumpukan barang,

Disinilah salah satu kontribusi dari buku Gemar Rapi ini yakni memberikan peringatan-peringatan secara umum  bahwa berbenah tidaklah dilakukan begitu saja melainkan dibutuhkan  metode-metode berbenah  tertentu seperti yang ditawarkan oleh mereka kepada pembaca.   

Buku ini memang tidak menjabarkan semua secara detil metode-metode berbenah yang mereka usung. Ada baiknya pembaca juga mengikuti kegiatan-kegiatan Gemar Rapi secara langsung  atau bertanya perihal  berbenah ala gemar rapi kepada para penulis melalui medsos-medsos mereka.

Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana, sehingga  apa yang ada pada buku ini akan mudah dimengerti.

Judul     : Gemar Rapi Metode  Berbenahnya Indonesia

Penulis : Khoirun Nikmah, Putriana Indah Lestari,Waniningastuti Mutmainnah,Aang Hudaya, dan    Achmad Bambang Sulistyono

Penerbit : Bentang

Cetakan Pertama, Agustus 2019

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s