Diposkan pada novel

Stella Corine Haryadi : “..sisi humanisnya tetap melekat”

Membaca buku karya Andrea Hirata kemungkinan mudah  membuat pembaca hanyut. Bukan sekedar masuk kepada kisahnya, namun juga bisa membawa pembacanya kepada kenyataan kisah hidupnya.  Demikian pula dengan Stella Corine Haryadi yang jadi gelisah saat membaca di bab-bab awal, Perempuan berambut sebahu ini teringat pada rumahnya dan  khususnya ayahnya. ” Buku ini membawa saya bernostalgia ke kisah hidup saya sendiri,” kata Stella, panggilan akrabnya.

Padang Bulan,judul novel ini ,adalah novel pertama dari dwilogi Padang Bulan. Novel ini unik. Ikal, Enong, detektif M Nur adalah tokoh-tokoh yang membuat alur cerita yang menyedihkan, dan membuat tertawa. Kisah-kisah yang ditulis pada novel ini ringan namun sisi humanisnya tetap melekat. Misal, obsesi Enong pada kamus dan belajar bahasa Inggris, obsesi Ikal untuk menambah tinggi badan, atau si detektif M Nur yang tidak bisa jauh dari ibunya sewaktu bermaksud ke Jawa.  

Tidak setiap pembacanya memiliki kisah hidup yang dekat dengan kisah yang Andrea Hirata tulis pada novel ini. Juga, tidak semua pembaca mengerti kondisi Belitong. Namun Andrea Hirata memang terampil membuat tulisan yang mudah dimengerti pembaca seperti saat ia menerangkan suasana sebuah tempat, ataupun suasana hati tokoh-tokohnya. “Alurnya di bab-bab awal maju mundur, namun karena penulisannya bagus, saya tetap bisa mengikuti,” katanya lagi.  

Salah satu pengalaman saat membaca buku ini adalah tidak membosankan. Malah ingin segera menyelesaikannya. Menurut Stella, setiap bab pada novel ini memberikan keunikannya sendiri-sendiri. Diperkuat dengan kehadiran tokoh-tokoh lainnya seperti Zinar,”Jose Rizal”, Aling dll, kisah ini tetap fokus pada kisah Ikal sebagai tokoh utama,dan tokoh-tokoh penyegar nan penting yakni detektif M Nur dan Enong.    Saat kisah-kisah di novel ini terkesan sederhana, namun jika disimak lebih lanjut terdapat nilai kehidupan yang tinggi. “Tidak rugi baca buku ini,” kata Stella.

Judul : Padang Bulan , Novel pertama dari dwilogi Padang Bulan

Penulis : Andrea Hirata

Penerbit : Bentang


Iklan

Penulis:

resensibukupilihan.com menginformasikan pendapat pembaca tentang buku yang mereka baca. Selain itu, resensibukupilihan.com menampilkan tulisan tentang event /kegiatan yang berhubungan dengan dunia perbukuan. Kedepannya, resensibukupilihan.com berencana memperluas informasi dengan menampilkan tokoh-tokoh yang berhubungan dengan dunia perbukuan sebagai salah satu bentuk aktifitas literasi. Jika ingin kegiatan Anda (personal) atau perusahaan (penerbitan ) ingin dibagi dengan resensibukupilihan.com, silakan kontak kami melalui email widyaharyopranasmoro@gmail.com, atau kunjungi kami di instagram @resensibukupilihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s