Saat si introver bercerita tentang mereka

Anda pemalu?

Sering merasa kurang nyaman berada di kerumunan orang?

Tidak suka berbasa- basi ?

Ini adalah sebagian ciri-ciri dari introver. Mereka bisa ditemukan dimana saja baik sekolah, tempat kerja , atau ruang sosial lainnya.  Interaksi  di ruang-ruang sosial tersebut terkadang sikap-sikap orang introver susah dipahami oleh pribadi ekstrover, atau  malah oleh pribadi introver yang berpikir dan bertindak seperti ekstrover. Ujung-ujungnya, kondisi semacam ini bisa menurunkan kualitas hidup pribadi introver.

Sangat disayangkan bila hal tersebut terjadi terus menerus. Padahal setiap orang introver juga memiliki kemampuan yang  bisa dikembangkan dan dibagikan kepada berbagai pihak.  Sudah banyak contoh pribadi-pribadi introver yang dianggap sukses  seperti  Warren Buffet  (investor ), Albert Einstein (ilmuwan) dll. Apa yang telah mereka lakukan membuktikan bahwa pribadi introver bisa berkarya dan dikagumi banyak orang.

Mudah untuk meyakini bahwa pribadi-pribadi introver yang dianggap sukses tersebut tidak melalui jalan hidup yang mulus. Mereka pastinya melalui perjuangan menghadapi syak prasangka orang lain. Hanya keteguhan hati mereka untuk terus maju telah membuatkan bukti bahwa  siapapun bisa meraih sukses.

Sylvia Loehken, si penulis buku ini, adalah seorang introver. Ia mengalami bagaimana susah senangnya menjadi pribadi introver. Berdasar pengalamannya dalam buku ini ia merekomendasikan bahwa orang-orang introver harus memahami dirinya sendiri . Mereka harus bisa mengidentifikasi tentang kekuatan dan hambatan mereka sendiri.  Saat mereka memahami hal itu, mereka berada di jalur yang tepat.

Pada tahap upaya memahami diri inilah posisi Sylvia Loehken bermaksud membantu mereka yang merasa introver. Pada bab-bab yang ada pada buku ini, ia memberikan sejumlah nasehat penting.  Ia memperingatkan pentingnya orang-orang introver memahami kekuatannya dan tidak terjebak ke dalam hambatan-hambatan yang mereka ciptakan sendiri.

Tulisan Sylvia Loehken cukup runtut.Setelah ia memberikan pengantar yang mencerahkan tentang  maksud pribadi pendiam, ia melanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan pengukur. Harapannya, pembaca akan terlibat untuk mengukur kecenderungan  dirinya berada di area introver, ekstrover atau tengah-tengah. Jelas, salah satu tujuan buku ini ditulis yakni bukan saja untuk pribadi introver tapi siapa saja.  

Selanjutnya,  penulis memberikan rekomendasi serangkaian skenario apa yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri dalam banyak situasi baik di ruang kerja, sosial, atau pribadi.Skenario yang ia tawarkan melalui tulisannya terkesan cukup taktis dan memudahkan pribadi introver memiliki strategi saat ia menemukan masalah, bekerja sama dengan orang lain, dan bagaimana mereka mengumpulkan energinya  kembali.  Hal ini sangat penting, karena pada bentuk-bentuk relasi sosial  tersebut pribadi-pribadi introver mendapatkan tantangan, apakah ia akan berada pada kualitas introver yang bagus atau tidak.

Kebahagiaan diri. Ini yang sebenarnya tujuan akhir buku ini. Jika pribadi introver mampu mengenali dirinya, maka kemungkinan besar ia akan paham bagaimana ia merasa bahagia. Demikian pula, buku ini juga baik bagi pribadi ekstrover. Mereka akan tambah memahami rekan kerja, teman-teman, dan pasangan yang termasuk pribadi ekstrover.  2 pribadi ini bisa saling bekerja sama selama mereka saling memahami dan tahu bagaimana berinteraksi.

Secara umum, tips-tips yang tertulis disini, cukup mudah dipahami dan bagai kita sedang mengikuti pelatihan pengembangan diri. Buku ini jelas berasal dari buku berbahasa Inggris. Beruntungnya, kualitas terjemahan yang bagus pada buku ini kiranya sangat membantu pembaca memahami pesan penulis.  

https://resensibukupilihan.com/2019/08/25/membaca-buku-berbahasa-asing-pemula/

Judul Buku          : Quiet Impact

                                 Tak Masalah Jadi Orang Introver

Penulis                 : Sylvia Loehken

Alih Bahasa         : Alex Tri Kantjono Widodo

Penerbit              : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan               : Ketiga , November 2019

Diterbitkan oleh resensi buku pilihan

resensibukupilihan.com menginformasikan pendapat pembaca tentang buku yang mereka baca. Selain itu, resensibukupilihan.com menampilkan tulisan tentang event /kegiatan yang berhubungan dengan dunia perbukuan. Kedepannya, resensibukupilihan.com berencana memperluas informasi dengan menampilkan tokoh-tokoh yang berhubungan dengan dunia perbukuan sebagai salah satu bentuk aktifitas literasi. Jika ingin kegiatan Anda (personal) atau perusahaan (penerbitan ) ingin dibagi dengan resensibukupilihan.com, silakan kontak kami melalui email widyaharyopranasmoro@gmail.com, atau kunjungi kami di instagram @resensibukupilihan.

2 tanggapan untuk “Saat si introver bercerita tentang mereka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: